Sabtu, 22 Maret 2008

PELAJAR, Opini


BEST STUDENTS.....


Oleh: Siti Qona'ah

Adalah mereka yang mempunyai kesadaran tinggi dan musti diingat orang yang IQ-nya tinggi belum tentu mereka itu pintar kalo mereka itu nggak punya kesadaran. Maksudnya, mereka yang selalu berusaha untuk maju tanpa bergantung pada orang lain, termasuk guru. Mencoba agar tidak hanya belajar berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan Negara tetapi juga belajar dari kehidupan dan pengalaman. Semisal dengan cara berkarya. yang suka sastra bisa membuat puisi, diary, cerpen, novel, dll. Rasa percaya dirilah yang akan selalu mendukung kita dalam berkarya. Jadi, pengetahuan dan wawasan kita akan lebih meluas. Sebisa mungkin agar kita mengenali jati diri, bakat, dan keinginan kita. Karena itu akan lebih membantu kita dalam proses belajar. Juga dapat aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kemanusiaan diluar sekolah, jadi tidak hanya kegiatan-kegiatan sekolah saja.

Lebih merujuk ke seperti apa sih ‘Best Students’ itu?. Mungkin mereka yang memiliki motivasi dan rasa ingin tahu tinggi. Bertanya bila butuh dan mencari bila ingin tahu lebih jelasnya. Karena belajar itu memang kebutuhan masing-masing.

Kita coba dari sekarang agar semua pengalaman yang telah kita dapatkan selama ini, bisa kita tulis. Mulai dari A sampe’ Z!!!!.

Berfikir, Membaca dan Menulis itu kunci utamanya. Selain itu juga mencoba menguak berbagai masalah lalu memecahkannya. Janganlah lupa untuk menyalurkan semua ide-ide kreatif kita ke teman-teman yang lainnya. Kita juga harus ingat, kalau kita itu tidak hidup sendirian. Masih ada temen-temen yang akan selalu membantu kita dan juga bisa kita ajak kerjasama. Tenang aja semua itu akan terjadi jika niat kita bener-bener kuat. Dan sekali lagi ditegaskan bahwa, Best Students itu adalah mereka yang mempunyai kesadaran belajar, bersosialisasi dan mempunyai rasa ingin tahu tinggi. yang membuatnya semakin memberinya niat yang sangat kuat untuk menguak semua masalah yang terjadi dengan cara yang sudah ia dapat.

Ingat!!! Kesadaran belajar itu muncul dari diri sendiri bukan karena dipaksa guru atau siapapun. dan satu lagi tidak menggantungkan diri para guru untuk menularkan ilmunya ke kita, guru aja juga sama-sama belajar kok!!!!!

Tidak ada komentar: